Sintang

Banner
Banner

Shinzo Abe Dan Xi Jinping Jadi Tokoh Asia Tahun Ini

Ditulis oleh Admin

Print

Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, dan Presiden China, Xi Jingping bersama-sama dinobatkan sebagai "Tokoh Asia Tahun Ini, Rabu, oleh harian Straits Times, dan menyeru keduanya saling mencegah konflik.

"Di Asia, saat ini, belum ada dua pemimpin yang mempunyai tanggungjawab besar untuk membangun ekonomi, melindungi kepentingan bersama dunia, dan penjaga perdamaian yang akan menjadi jalan menuju kemakmuran Asia," tulis media utama di Asia Tenggara itu.

Tokyo dan Beijing berselisih mengenai kepulauan kecil di Laut China Timur dan suasananya memanas sejak tahun lalu. Kepulauan itu adalah Kepulauan Senkaku di Laut China Timur, yang de facto dikuasai Jepang sementara Beijing menyebutnya sebagai Kepulauan Daiyou.

Penyulut terbaru ketegangan tersebut pengumuman Identifikasi Wilayah Udara (ADIZ) yang baru, merupakan bukti keterikatan yang dalam dari kedua belah pihak.

"Ini menjelaskan dan membakar nasionalisme kedua negara yang apabila tidak ditangani secara baik bisa meningkatkan tekanan popularitas yang bisa melampaui kendali para pemimpin politik," kata Straight Times itu.

Penetapan identifikasi zona wilayah udara (AIDZ) China itu tumpang tindih dengan Jepang dan Korea Selatan, yang sudah ditetapkan sejak puluhan tahun lalu, termasuk wilayah yang dituntut oleh kedua negara itu sejak lama.

Presiden Thein Sein, tokoh reformis Myanmar adalah penerima penghargaan tahunan Tokoh Asia untuk 2012 dari Straits Times. (das/ant)