Dewan Minta Proyek Tak Selesai Harus Dievaluasi

oleh
oleh
Abang Ahmaddin

MELAWI, SKR.COM – Sejumlah proyek DAK yang gagal atau tak selesai 100 persen pada tahun lalu harus dilakukan evaluasi. Hal tersebut disampaikan Anggota Komisi B DPRD Melawi, Abang Ahmaddin. Ia menilai Evaluasi ini menyangkut penyebab proyek ini tak selesai.

“Apakah karena hanya disebabkan oleh faktor cuaca atau persoalan teknis dan non teknis di lapangan. Atau ada faktor ketidakmampuan dan ketidakseriusan dari pihak pelaksana proyek di lapangan yang mendapatkan proyek jalan tersebut,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Maddin tersebut mengatakan, perlu juga adanya pembenahan di internal dinas PUPR terkait sistem pengawasan, manajemen pelaksanaan proyek serta peningkatan sumber daya manusia sehingga hal-hal seperti ini tak terjadi lagi di tahun-tahun berikutnya.

“Mengingat sebagian besar proyek ini sebenarnya sudah dimulai sejak pertengahan tahun. Bila melihat kontraktor lain yang juga mengerjakan proyek dengan pagu yang kurang lebih sama ternyata bisa juga selesai tepat waktu,” katanya.

Ia menilai keberlanjutan proyek ini kedepan juga perlu menjadi pertimbangan. Kalau memang ada penyebab non teknis di lapangan, PUPR mestinya juga mengambil langkah persuasif agar proyek tak terbengkalai.

“Yang terpenting, jangan sampai hal ini kembali terulang di tahun ini. Mengingat sayang kalau dana infrastruktur yang begitu besar dikucurkan pusat gagal terserap karena tak tuntasnya pelaskanaan di lapangan,” sarannya.