Sintang

Banner
Banner

Menkeu: Perencanaan Proyek KPBU Penting Undang Investor Swasta

Komentar (1)

29 November 2017, 20:24:23 WIB oleh Admin | dilihat: 30 kali

Print

JAKARTA, (Kalimantan-News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan perencanaan proyek infrastruktur yang menggunakan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) sangat penting untuk mengundang partisipasi investor swasta.

"Perencanaan itu bagaimana menyusun struktur dan legalnya, sehingga bisa meningkatkan kepercayaan `private sector` untuk masuk," kata Sri Mulyani saat mengisi acara "Indonesia PPP Day 2017" di Jakarta, Rabu.

Sri Mulyani mengatakan pembangunan dengan menggunakan skema KPBU ini dibutuhkan untuk mengatasi keterbatasan APBN dalam pembiayaan sarana infrastruktur.

Selama ini pembangunan infrastruktur dengan skema KPBU mendapatkan manfaat, tidak hanya dalam penyediaan dana, namun juga memberikan disiplin tata kelola keuangan dan aset atas proyek tersebut.

"Kebutuhan untuk membangun sangat `urgent` dan tinggi, tapi sumber daya terbatas. Kami melihat kesempatan dari `private sector` yang tidak hanya memecahkan masalah uang, tapi juga disiplin tata kelola dari proyek," ujarnya.

Oleh karena itu, perencanaan proyek sejak awal sangat memadai agar pembangunan infrastruktur yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dapat terwujud.

"Kadang-kadang sudah ada perencanaan tapi begitu `bidding` tidak bagus atau swasta tidak kredibel, proyek itu mulai lagi dari awal. Untuk menghemat waktu, lebih baik proyek direncanakan lebih awal dan distrukturkan agar tidak membuang waktu," katanya.

Sri Mulyani juga mengharapkan pemerintah daerah mau memanfaatkan skema KPBU untuk pembangunan infrastruktur dan mendorong kegiatan ekonomi di wilayah masing-masing.

Untuk itu, sinergi antara para pemimpin daerah dengan legislator daerah menjadi penting agar penyediaan infrastruktur penting seperti pelabuhan dan air minum tidak lagi mengandalkan APBD.

Pemerintah, kata dia, bisa memberikan pendampingan dan bantuan teknis melalui PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) dan PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PII) agar proyek menggunakan skema KPBU di daerah bisa berjalan.

"Pemerintah daerah dipaksa berpikir lebih kreatif dan kami siap memberikan bantuan untuk pelaksanaan proyek mulai dari rencana awal hingga tata kelola," ujar Sri Mulyani.

Tujuan dari penyelenggaraan "Indonesia PPP Day 2017" adalah untuk mengajak serta meyakinkan pemerintah daerah agar mau memanfaatkan skema KPBU untuk penyediaan infrastruktur nasional maupun daerah.

Skema KPBU menjadi alternatif untuk kebutuhan pembiayaan pembangunan infrastruktur yang besar karena adanya keterbatasan APBN dalam penyediaan dana.

Melalui keterlibatan investor swasta dalam skema SKBU maka pelayanan publik diharapkan dapat lebih efisien, efektif serta dapat lebih diandalkan dan diwujudkan.

Dalam skema ini, pemerintah menanggung risiko politik yang mungkin dapat terjadi seperti adanya perubahan peraturan maupun kebijakan serta menyediakan fasilitas lainnya seperti penyiapan proyek, dukungan kelayakan dan penjaminan.

Saat ini salah satu proyek KPBU yang telah berjalan di Indonesia adalah SPAN Umbulan di Jawa Timur yang telah memulai proses pembangunan pada Juli 2017 dan ditargetkan selesai pada 2019.(*)


Sumber:https://www.antaranews.com

Komentar (1)

Beri Komentar
  • andi

    andi:

    01 Desember 2017, 23:29:50 WIB

    ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-9177-2208)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO
    DIJAMIN TIDAK MENGECEWAKAN ANDA APAPUN ANDA MINTA INSYA ALLAH PASTI DIKABULKAN BERGAUNLAH SECEPATNYA BERSAMA KAMI JANGAN SAMPAI ANDA MENYESAL
    angka;GHOIB: singapura
    angka;GHOIB: hongkong
    angka;GHOIB; malaysia
    angka;GHOIB; toto magnum
    angka”GHOIB; laos…
    angka”GHOIB; macau
    angka”GHOIB; sidney
    angka”GHOIB: vietnam
    angka”GHOIB: korea
    angka”GHOIB: brunei
    angka”GHOIB: china
    angka”GHOIB: thailand


















Beri Komentar




Security Number