Sintang

Banner
Banner

Tumpukan Sampah Berserakan di TPS

Komentar (0)

20 November 2017, 19:12:01 WIB oleh Edi | dilihat: 33 kali

Print
Tumpukan Sampah Berserakan di TPS

Melawi - NANGA PINOH, (Kalimantan-News) - Kerusakan alat berat penggusur gunungan sampah di TPA yang selama berbulan-bulan membuat penumpukan sampah di Tempat Pembuatan Akhir (TPA) Desa Tanjung Tengang semakin menggunung.

Dampaknya, tidak hanya membuat sampah menutupi badan jalan di menuju ke TPA saja, namun juga terlihat di sejumlah Tempat Pembuangan Sementara (TPS) di wilayah Nanga Pinoh yang terlihat menumpuk dan berserakan.

Menanggapi hal tersebut, aktivitis lingkungan dari lembaga Komunitas Pengelola Lingkungan Terpadu (KOMPLIT), Heri Irawan, mengatakan persoalan sampah tersebut tidak akan selesai jika pemerintah tidak benar-benar komitmen dalam pengelolaannya.

Ia memandang, persoalan yang terjadi saat ini di TPA hingga berdampak ke TPS-TPS yang ada, juga merupakan sebuah gambaran yang terlihat akibat kurang seriusnya pemerintah dalam pengelolaan sampah. Sehingga persoalan yang harusnya bisa diatasi dengan cepat terkesan lamban dan dibiarkan.

“Alat berat yang digunakan untuk menggusur gunungan-gunungan sampah di TPA tersebut harusnya stanby,dan selalu dilakukan perawatan agar tidak rusak. Jika sudah tidak layak pakai, pemerintah harusnya segera mengganti dengan alat berat yang layak pakai,” ungkapnya.

Menurut Heri, mekanisme, sistem, atau cara pengangkutannya untuk daerah perkotaan adalah tanggung jawab pemerintah daerah setempat yang didukung oleh partisipasi masyarakat, produksi sampah, khususnya dalam hal pendanaan. Sedangkan untuk daerah pedesaan pada umumnya sampah dapat dikelola oleh masing-masing keluarga tanpa memerlukan TPS maupun TPA. Sampah rumah tangga daerah pedesaan umumnya didaur ulang menjadi pupuk.

Hasil pantauan Koran ini di lapangan, tumpukan-tumpukan sampah di sejumah TPS sudah semakin banyak bahkan berserakan ke luar TPS yang disediakan. Hal tersebut membuat aroma yang tidak sedap, sehingga menganggu kesehatan masyarakat disekitar lokasi TPS.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) saat ingin dikonfirmasi di kantornya, sedang tidak ada di tempat begitu juga dengan Kepala Bidang kebersihan DLH, sedang tidak berada di tempat. (KN)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number