Sintang

Banner
Banner

Di Melawi, Dana Desa tahap II Banyak Belum Cair

Komentar (0)

20 November 2017, 19:09:53 WIB oleh Edi | dilihat: 32 kali

Print
Di Melawi, Dana Desa tahap II Banyak Belum Cair

Melawi - NANGA PINOH, (Kalimantan-News) - Menjelang akhir tahun 2017, masih banyak desa Melawi yang belum mencairkan dana desa (DD) tahap II. Padahal, dengan waktu yang tersisa, dana desa tahap dua sebesar 40 persen dari total keseluruhan seharusnya sudah mulai terserap di sisa tahun anggaran.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Melawi, Junaidi menerangkan, dipertengahan November ini masih cukup banyak desa yang belum mencairkan dana desa tahap dua. “Walau saya tak tahu persis berapa jumlahnya, tapi informasinya masih banyak yang belum cairkan,” terangnya.

Padahal, lanjut Junaidi, untuk tahap pertama, pencairan dana desa sudah hampir seluruhnya selesai oleh desa di Melawi. Pelaksanaan pembangunan di desa juga rata-rata sudah berjalan.
“Padahal, untuk tahap kedua, saya sudah mengeluarkan rekomendasi untuk 169 desa. Jadi tinggal mereka datang ke DPMD untuk mendapatkan rekomendasi kemudian membawanya ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) untuk kemudian mencairkan dana tersebut,” jelasnya.

Junaidi sendiri tak mengetahui apa alasan kepala desa tak segera mencairkan dana desa tersisa ini. Hal ini menurutnya bisa saja karena kades belum menyelesaikan SPJ dan laporan realisasi penggunaan dana desa tahap pertama.
“Karena itu menjadi salah satu syarat untuk pencairan dana desa tahap dua. Ada dua laporan, yakni laporan realisasi dan konsolidasi,” katanya.

Sebenarnya, lanjut Junaidi, banyak desa yang sudah hampir menyelesaikan pembangunan fisik di desanya hingga 100 persen. Desa-desa ini biasanya akan mengejar pencairan dana desa tahap dua untuk membayar sisa pekerjaan di desa. “Semoga realisasi dana desa bisa terserap seluruhnya,” pungkasnya. (KN)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number