Sintang

Banner
Banner

Warga Bangun Jalan Dari Iuran Setiap KK

Komentar (0)

14 November 2017, 20:09:52 WIB oleh Edi | dilihat: 27 kali

Print
Warga Bangun Jalan Dari Iuran Setiap KK

Melawi - NANGA PINOH, (Kalimantan-News) - Untuk memperlancar proses pengangkutan hasil alam dari kebun masyarakat ke Pasar Kecamatan Menukung, warga Dusun Dungan Satu Desa Laman Mumbung bangun jalan secara swadaya. Warga bangun jalan menggunakan iuran per Kepala Keluarga (KK).

Urbanus Iting, Warga Dusun Sungai Dungan Satu, mengatakan jalan yang dibangun secara swadaya oleh warga tersebut merupakan akses menuju kebun  yang menjadi tempat beraktivitasnya warga di Dusun Sungai Dungan Satu.

“Jalan ini tiap hari dilewati oleh warga yang menjual sayur-sayuran ke pasar Menukung,” ungkapnya, Senin (13/11).

Lebih lanjut Iting mengatakan, boleh di cek di pasar Menukung, penjual sayur yang ada dipasar Menukung tersebut kebanyakan warga dari Desa Laman Mumbung, khususnya Dusun Sungai Dungan Satu.

“Jalan ini memang sudah lama dibuat, namun masih jalan setapak. Makanya biar bisa dilewati menggunakan motor, jalan itu kami bangun secara swadaya,” ujarnya.

Menurut iting, walaupun tidak mampu dibuat berupa jalan beton seperti layaknya jalan yang dibangun oleh pemerintah, namun setidaknya dengan dibuat secara swadaya menggunakan semen, jalan tersebut sudah bisa dilewati menggunakan motor.

“Pekerjaan jalan tersebut sudah berlangsung dua tahun. Dana yang digunakan hasil patungan (iuran) per Kepala Keluarga. Jadi kalau uang sudah terkumpul banyak dan cukup untuk membeli semen, pekerjaan dilanjutkan lagi,” tuturnya.

Warga terpaksa harus tetap melanjutkan membangun jalan tersebut secara swadaya, karena dusun tersebut tidak mendapatkan anggaran dari desa.

“Bahkan pada tahun 2017 ini, tidak ada masuk satu kegiatan fisikpun ke Dusunm Sungai Dungan Satu,” ujarnya.

Iting berharap kepada Pemerintah Kabupaten supaya bisa membantu masyarakat membangun jalan yang merupakan urat nadi perekonomian masyarakatdi Dusun Sungai Dungan Satu  tersebut.

“Sebenarnya harapan kami dibangun jalan beton, sehingga kedepan tidak hanya motor, namun mobilpun bisa lewat jalan tersebut, untuk mempermudah pengangkutan barang,” pungkasnya. (KN)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number