Sintang

Banner
Banner

Pembangunan Terminal di Ella Hilir Terkesan Mubajir

Komentar (0)

09 November 2017, 20:02:53 WIB oleh Edi | dilihat: 17 kali

Print
Pembangunan Terminal di Ella Hilir  Terkesan Mubajir

Melawi - NANGA PINOH, (Kalimantan-News) - Terminal yang ada di Kecamatan Nanga Ella Hilir terkesan mubajir. Hingga kini bangunan yang belum pernah terpakai itu sudah dipenuhi semak belukar. Bisa saja direnovasi kembali untuk dipergunakan sebagai terminal atau bisa juga dimanfaatkan untuk keperluan lainnya.

“Terminal yang telah selesai dibangun kitelah telah dipenuhi rumput. Pembanguna termibal ini sangat mubajir, sebab tidak terpakai, sementara uang untuk pembangunan terminal tersebut sangat besar,” kata Pemuda asal Nanga Ella, Syamsul, kemarin.

Ia menilai perencanaan pembangunan terminal tersebut tidak akurat. Tidak berdasarkan penelitian kebutuhan. Sebab intensitas kendaraan umum menuju dan ke Ibu Kota Kecamatan saat ini masih sedikit.

“Nanga Ella masih belum butuh terminal. Kendaraan yang ke Ella dari Nanga Pinoh hanya satu atau dua kendaraan saja tiap hari. Sementara Nanga Ella ke desa juga tidak ada. Pembangunan ini sangat mubajir,” tegasnya.

Bila dana untuk membangun terminal, jelas Salama digunakan untuk memperbaiki jalan di sekitar kota kecamatan, maka jalan tersebut akan bangus. Bila dilihat dari segi kebutuhan, masyarakat ella sangat membutuhkan jalan yang bagus dari pada terminal.

“Kalau dibangunkan ke jalan, maka jalan kecamatan akan bangus. Orang Ella akan menikmati hasil pembangunan, sebab setiap hari ribuan orang melawati jalan kecamatan ini. Sementara terminal tidak ada yang menfaatkannya, paling untuk rumah hantu saja,” geram Syamsul.
 
Jika memang tidak bisa digunakan untuk terminal, bisa saja difungsikan untuk perluan lainnya. Misalnya papar Syamsul, sebelum dipergunakan untuk keperluan lainnya. Diperlukan study
kelayakan. Tentunya sesuai dengan kebutuhan masyarakat Ella Hilir sendiri.

“Mesti ada study kelayakan atau study kebutuhan. Apa yang benar-bear dibutuhkan oleh masyarakat ella. Hasilnya, itu baru diperuntukan. Hingga bangunan yang ada benar-benar biasa difungsikan,” ulasnya.

Dia pun menilai banyak mungkinan peruntukan terbila tersebut. Misalnya, dipergunakan untuk pasar baru bagi warga Ella Hilir. Bukan tidak menutup kemungkinan digunakan untuk keperluan perumahan bagi orang yang tidak mampu.

Bisa pula disewakan kepada perusahana-perusahana yang beroperasi di wilayah Ella Hilir. Baik itu perusahan sawit maupun perusahaan kayu. Apalagi Ella Hilir ada beberapa perusahaan yang beroperasi. Hingga bisa memanfaatkan terminal tersebut untuk angkutan perusahaan.

“Kalau memang hasil study kebutuhan tersebut masyarakat Ella Hilir  mengingikan untuk kandang sapi, mengapa tidak. Bisa saja digunakan untuk menjadi kendang sapi. Asalkan terminal bisa difungsikan. Sementara kebutuhan untuk terminal masih belum di Melawi,” pungkasnya. (KN)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number