Sintang

Banner
Banner

Tian: Pangka Gasing Permainan Tradisional Warisan Leluhur

Komentar (0)

13 Juli 2017, 13:54:54 WIB oleh Dian Andi Suryatija | dilihat: 100 kali

Print
Tian: Pangka Gasing Permainan Tradisional Warisan Leluhur

Sintang - KOTA, (Kalimantan-News) - Panitia Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2017, menggelar olahraga tradisional pangka gasing. Lomba pangka gasing ini di ikuti pesertanya 14 Kecamatan serta diikuti dua peserta dari Perdawika jadi total peserta 16 orang.

Menurut Koordinator Lomba, A.V Tian,  budaya gasing merupakan permainan tradisi warisan leluhur yang sudah berlangsung turun temurun sehingga memalui momen Pekan Gawai Dayak Kabupaten Sintang 2017 ini seksi lomba menggelar pangka gasing agar permainan tradisi warisan leluhur ini tidak punah dan tetap dilestarikan di Sintang, Kalbar maupun tingkat Nasional.
 
“Dengan digelarnya pangka gasing ini, kiranya dapat mempertahankan dan melstarikan budaya warisan lelulhur khususnya suku Dayak”, terang Tian.
 
Hasil pantauan media ini di arena perlombaan, setelah dilakukan perlombaan panitia langsung mengumumkan pemenangnya sehingga dari 16 peserta hanya tiga peserta yang berhak mendapatkan tropi dari panitia Gawai.

Adapun penemang pangka gasing perorangan ini antara lain; juara 3 di peroleh peserta dari Kecamatan Serawai atas nama Sudin dengan poin 7, sementara juara 2 diperoleh tim dari Perdawika atas nama Yanto dengan poin 8 sementara  juara 1 diraih oleh John dari Perdawika dengan poin 15.

Sementara untuk pangka gasing beregu akan dilaksanakan sore ini pada pukul 15.00 wib sesuai dengan jadwal panitia lomba. (DD)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number