Sintang

Banner
Banner

Dewan Minta Pemerintah Ambil Sikap Terkait Gaji Guru Honorer

Komentar (1)

20 April 2017, 21:16:13 WIB oleh Edi | dilihat: 72 kali

Print
Dewan Minta Pemerintah Ambil Sikap Terkait Gaji Guru Honorer

Melawi-NANGA PINOH, (Kalimantan-News) - Penggunaan dana Biaya Operasional Sekolah (BOS) untuk membayar guru honorer tahun ini hanya bisa 15 persen saja. Sementara persoalan kekurangan guru selama ini masih sangat dirasakan, sehingga sangat membutuhkan guru tambahan yang dibayar melalui dana BOS tersebut.


Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Melawi, Widya Rima mengatakan, dengan menurunnya penggunaan dana BOS yang dibolehkan untuk membayar guru honorer. Maka jelas semakin menyakitkan dunia pendidikan di daerah pedalaman.

“Bayangkan saja. Pada saat alokasi penggunaan dana BOS untuk membayar gaji guru masih 20 persen saja, guru-guru honrernya sudah teriak. Apalagi dengan menurunnya penggunaan dana BOS ini. kan kasian, para guru honorer itu,” ucapnya saat ditemui, Rabu (19/4).

Widya merasa prihatin dengan jumlah gaji guru honorer BOS yang jauh dari pada kesejahteraan. Sebetulnya para guru honorer patut diberikan penghargaan oleh pemerintah, dengan gaji yang kecil tapi tetap bekerja mendidik para pelajar di pedalaman.

“Kebanyakan  sekolah dipedalaman hanya satu orang guru PNS. Itupun sebagai kepala sekolah. Jadi siapa lagi kalau bukan memanfaat guru honirer ini untuk membantu proses belajar mengajar di sekolah sekolah itu. Sementara gaji para guru honorer ini sangat kecil. Bahkan di Dusun Senibung Kayan Sepamau itu ada guru BOS yang digaji hanya Rp. 2 ratus ribu perbulan, kan miris sekali,” bebernya.

Ia mengatakan, dengan kondisi penggunaan dana BOS yang dibolehkan untuk membayar guru semakin mengecil, Widya rima meminta pemerintah untuk mengambil sikap dengan memberikan perhatian kepada para guru honorer BOS ini.

“Bisa saja pemerintah menganggarkan penambahan gaji untuk guru horer ini. Mengingat sekolah-sekolah dipedalaman tidak bisa hidup atau berjaalan maksimal jika tanpa adanya bantuan dari guru honorer yang BOS yang hanya digaji kecil,” sarannya.

sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Melawi, Joko Wahyono, mengatakan, Pemerintah juga akan berupaya untuk membantu jika ada sekolah yang menggunakan guru honorer lebih dari 90 persen untuk mengajar di sekolah tersebut.

“Jika ada sekolah yang menggunakan guru honor lebih dari 90 persen, maka kami akan mengajukan untuk mendapatkan pertimbangan dan Kemendikbud terhadap hal itu. Mengingat di Melawi ini masih banyak sekolah-sekolah di pedalaman yang hanya memiliki satu orang guru PNS nya, maka banyak kemungkinan sekolah sekolah di pedalaman 90 persennya menggunakan guru honorer sebagai pengajar di sekolah itu. Makanya kita minta pertimbangkan atau Dispensasi dari kemendikbud untuk membayar itu,” pungkasnya. (KN)

Komentar (1)

Beri Komentar
  • andi

    andi:

    20 April 2017, 21:52:59 WIB

    ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO



    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-3744-3355
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa




































































































Beri Komentar




Security Number