Sintang

Banner
Banner

Pameran Keris, Upaya Lestarikan Keris Indonesia

Komentar (3)

15 Maret 2017, 21:01:39 WIB oleh Admin | dilihat: 121 kali

Print

JAKARTA, (Kalimantan-News) - Dewan Perwakilan Rakyat menyelenggarakan Pameran dan Bursa Keris Nasional, bertajuk “Pesona Keris Bali dan Lombok”, di Gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta, dari 15 hingga 17 Maret 2017. Acara ini memamerkan koleksi sebanyak 105 keris dari Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, dengan adanya pameran ini, merupakan usaha untuk mengembangkan dan melestarikan keris di Indonesia. Apalagi keris sudah diakui sebagai warisan agung budaya dunia atau intangible heritage of humanity oleh UNESCO pada tahun 2005.

“Hal ini juga sebagai komitmen terhadap pengakuan dari UNESCO itu, kita harus banyak menyelenggarakan berbagai kegiatan, termasuk pameran, workshop, edukasi, sehingga keris ini selalu terus berkembang,” kata Fadli, usai pembukaan pameran yang dibuka langsung oleh Ketua DPR Setya Novanto, dan Wakil Ketua DPR lainnya, yakni Agus Hermanto, Fahri Hamzah, dan Taufik Kurniawan.

Politisi F-Gerindra itu menambahkan, saat ini semakin banyak orang yang mengoleksi keris, termasuk di luar negeri. Bahkan minat mengoleksi keris juga hadir di belahan Eropa dan Amerika, termasuk saat ini yang sedang gencar adalah negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.

“Kita juga tidak ingin keris-keris pusaka yang lari keluar. Lebih baik keris dimiliki kolektor dalam negeri. Keris-keris baru buatan Empu atau pengrajin keris saat ini sudah cukup bagus dan indah, tersebar di berbagai daerah, juga perlu kita kembangkan sebagai bagian dari ekonomi kreatif,” jelas Fadli.

Fadli menjelaskan, Keris Bali dan Lombok ini merupakan salah satu kekayaan keris yang ada di Nusantara. Koleksi yang dipamerkan pun keris-keris yang sepuh dan berumur tua, bahkan telah berumur ratusan tahun dari berbagai kerajaan di Bali dan Lombok, termasuk dari koleksi para kolektor, museum, dan lainnya.

Politisi asal dapil Jawa Barat itu pun berharap kedepannya akan digelar pameran keris dari berbagai daerah lain di Tanah Air. Seperti dari Sulawesi dan Sumbawa, dan tahun mendatang dari Sumatera dan Jawa. Menurut Fadli, karena banyaknya koleksi dari seluruh wilayah Indonesia, maka pameran akan dibagi secara tematik.

“Supaya pameran ini lebih spesifik, karena keris-keris Nunsatara ini kan sangat kaya. Kalau dijadikan satu, terlalu banyak. Jadi kita ingin membagi secara tematik dari berbagai kepulauan atau daerah yang memiliki tradisi keris,” tutup Fadli, yang juga merupakan Ketua Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI).

Sementara dalam pidato pembukaannya, Ketua DPR Setya Novanto mengatakan, pameran dan bursa keris ini dapat memberikan arti yang besar pagi perkembangan perkerisan Indonesia.

“Ini pameran yang kedua, mudah-mudahan ini menjadi kekuatan budaya kita, dan menyampaikan bahwa keris yang sangat memberikan arti untuk kepentingan bangsa dan negara, termasuk para Dubes, sehingga mengetahui budaya Indonesia,” harap politisi F-PG itu.

Politisi asal dapil Nusa Tenggara Timur itu pun mendorong, acara ini dapat digelar setiap tahunnnya. Sebelumnya, Kepala Badan Keahlian DPR Johnson Rajagukguk melaporkan, acara pameran dan bursa keris ini didukung sebanyak 200 peserta pameran dan bursa. Keris yang dipamerkan sebanyak 105 keris.

“Acara ini juga mengundang duta besar negara sahabat, kementerian, kepala lembaga, Gubernur Bali dan NUT, hingga paguyuban,” jelas Johnson. Pameran dan bursa keris ini akan berlangsung dari tanggal 15 sampai 17 Maret di Gedung Nusantara, Komplek MPR/DPR/DPD, Senayan, Jakarta.

Sebelum pemotongan pita peresmian pameran, acara diwarnai dengan Tarian Manggala dari Sanggar Sangging Nusantara, pimpinan I Gede Ponce. Tari Manggala merupakan tari kepahlawanan yang bernuansa klasik, dan melukiskan persiapan sekelompok pasukan perang dari Kerajaan Badung (Bandana) sebelum maju ke medan perang. (sf)

Sumber: http://www.dpr.go.id

Komentar (3)

Beri Komentar
  • IBU MAYA DI SEMARANG

    IBU MAYA DI SEMARANG:

    16 Maret 2017, 13:04:59 WIB


    Terimakasih Banyak Aki Pandawa Sudah membantu saya Mmberikan Angka 4D JP (5377) Pada Hari KAMIS Tgl 09.03.2017 Syukur Alhamdulillah Menang 50 Lembar Dapat 125 Juta. sekarang hutang saya lunasi. sayapun mempunyai usaha kecil2an. ini hanya kisah nyata hidup saya bagi teman Teman yang ingin Mengubah Nasib Seperti saya HUB. AKI PANDAWA (☎) 085298476843
    Sumpah demi Allah ini nyata, kami sekeluarga tak lupa mengucapkan puji syukur kepada ALLAH S,W,T dan terima kasih banyak kepada AKI PANDAWA Jika Anda Penuh Kepercayaan Dan Keyakinan Silahkan Anda Buktikan Sendiri Jika Anda Ingin Mengubah Nasib Wassalam..

  • andi

    andi:

    22 Maret 2017, 11:37:37 WIB

    ASS..WR.WB.SAYA pak alresky TKI BRUNAY DARUSALAM INGIN BERTERIMA KASIH BANYAK KEPADA EYANG WORO MANGGOLO,YANG SUDAH MEMBANTU ORANG TUA SAYA KARNA SELAMA INI ORANG TUA SAYA SEDANG TERLILIT HUTANG YANG BANYAK,BERKAT BANTUAN AKI SEKARAN ORANG TUA SAYA SUDAH BISA MELUNASI SEMUA HUTAN2NYA,DAN SAWAH YANG DULUNYA SEMPAT DI GADAIKAN SEKARAN ALHAMDULILLAH SUDAH BISA DI TEBUS KEMBALI,ITU SEMUA ATAS BANTUAN EYANG WORO MANGGOLO MEMBERIKAN ANGKA RITUALNYA KEPADA KAMI DAN TIDAK DI SANGKA SANGKA TERNYATA BERHASIL,BAGI ANDA YANG INGIN DIBANTU SAMA SEPERTI KAMI SILAHKAN HUBUNGI NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355) JANGAN ANDA RAGU ANGKA RITUAL EYANG WORO MANGGOLO SELALU TEPAT DAN TERBUKTI INI BUKAN REKAYASA SAYA SUDAH MEMBUKTIKAN NYA TERIMAH KASIH
    NO HP EYANG WORO MANGGOLO (0823-3744-3355)
    BUTUH ANGKA GHOIB HASIL RTUAL EYANG WORO MANGGOLO



    angka;GHOIB: singapura

    angka;GHOIB: hongkong

    angka;GHOIB; malaysia

    angka;GHOIB; toto magnum

    angka”GHOIB; laos…

    angka”GHOIB; macau

    angka”GHOIB; sidney

    angka”GHOIB: vietnam

    angka”GHOIB: korea

    angka”GHOIB: brunei

    angka”GHOIB: china

    angka”GHOIB: thailand

    ANGKA TOGEL JITU 2D 3D 4D 5D 6D
    0823-3744-3355
    saya pak alresky posisi sekarang di malaysia
    bekerja sebagai BURU BANGUNAN gaji tidak seberapa




































































































  • afni

    afni:

    05 Mei 2017, 14:06:55 WIB

    wah artikel yang sangat menarik, terimakasih ya. Saya merekomendasikan website pariwisata yang dapat menambah wawasan, silahkan kunjungi http://pariwisata.gunadarma.ac.id/

Beri Komentar




Security Number