Sintang

Banner
Banner

Bupati Sekadau Buka RAT CU Keling Kumang Tahun Buku 2016

Komentar (0)

19 Februari 2017, 12:16:49 WIB oleh Thimoty | dilihat: 253 kali

Print
Bupati Sekadau Buka RAT CU Keling Kumang Tahun Buku 2016

SEKADAU, (Kalimantan-News) - Koperasi Credit Union (CU) Keling Kumang melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) tahun buku 2016 di lantai dasar Kantor Pusat CU Keling Kumang, Desa Tapang Sambas, Kabupaten Sekadau, Sabtu (18/02/2017). RAT kali ini mengusung tema “ Produktivitas Usaha Untuk Masa Depan Anggota”.

RAT salah satu koperasi terbesar di Indonesia ini dihadiri Bupati Sekadau Rupinus, Ketua DPRD Albertus Pinus, Kepada Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Kalimantan Barat Marsianus, Aktivis CU Keling Kumang, utusan anggota yang ditunjuk dalam Pra-RAT seluruh tempat pelayanan dan tamu undangan lainnya.

Kegiatan RAT CU KK tahun buku 2016 ini dibuka oleh Bupati Sekadau Rupinus ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tujuh kali.  Dalam sambutannya Rupinus menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pihak CU KK yang  telah melaksanakan kewajibannya  yakni rutin tiap tahun melaksanakan RAT.

“ini adalah koperasi yang sehat, “ imbuhnya.

Diakatakan Rupinus yang juga anggota aktif CU KK ini,  Koperasi wajib melaksanakan Rapat Angaran Tahunan sesuai dengan yang diamanatkan dalam Undang-Undang. Dikabupaten Sekadau saat ini kata Rupinus terdapat 44 koperasi, namun hanya 29 koperasi  yang rutin melaksanakan RAT, termasuk Keling Kumang.

“dari 44 koperasi yang ada, 15 diantaranya tidak pernah laksanakan RAT, ini sangat kita sayangkan, “ ujar Rupinus

“saya harapkan 15 koperasi ini dibina, kalau tidak mau dibina dibini saja, maksudnya di cabut saja ijinnya,”tegas  Rupinus.

Ketua Dewan Pimpinan CU Keling Kumang Mikael mengatakan Keling Kumang rutin melaksanakan RAT setiap tahun buku. RAT ini guna menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengawas koperasi terhadap anggota.

“Rapat Anggota Tahunan harus rutin dilakukan, ini amanah dari Undang-Undang guna memberikan pertanggungjawaban kita, sekaligus melihat program yang sudah berjalan dan rencana kita kedepannya,” ujar Mikael.

Sesuai tema yang diusung dalam RAT ini, lanjut Mikael kita diajak untuk berusaha dan bekerja lebih giat dalam rangka meningkatkan produktifitas yang sudah ada dan akan diusahakan sehingga mampu memberikan peluang keberhasilan yang lebih baik untuk masa depan anggota.

“kami merasa tidak terlepas dari peran aktif dan kontrol dari anggota, kami berharap apa yang direncanakan CU Keling Kumang Tahun 2017 ada lanjutan dari tahun 2016,” tandasnya.

Sementara Chief Executive Officer (CEO) CU Keling Kumang Valentinus mengatkan CU Keling kumang mengalami perkembangan sangat luar biasa.  CU KK hingga 31 Desember 2016 memiliki  Asset sebesar  Rp 1,289 Triliun ( 106,27 %) dari target Rp 1,213 Triliun dan memiliki Anggota sebanyak  165.231 (98,00 %) orang dari target 168.610 orang, serta  berhasil menurunkan  kredit lalai dari 46,60% menjadi 33,10%, atau tercapai 107,97% dari target 35,74%.

“Kalau melihat persentase jelas bahwa pertumbuhan CUKK  tahun 2016 sama seperti tahun-tahun sebelumnya yaitu masih mendapatkan angka 9,” ujarnya.

“Kita percaya anggota tetap loyal di CU KK bukan karena bunga Simpanan SISKA dan Simpanan lainnya yang tinggi tetapi karena pelayanan, mampu memberi solusi, kepedulian dan rasa kebersamaan kita untuk membangun masyarakat lebih sejahtera,” ujarnya.

Valentinus mengatakan ada tiga hal yang fokus utama CUKK di tahun 2017 yakni, memperkuat  SHG (Self Help Group)di setiap Branch Office (BO), memaksimalkan penurunan kredit lalai dan memaksimalkan pelayanan kepada anggta melalui System Information Puskhat (SIP).

Kepada Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Kalimantan Barat Marsianus mengatakan CUKK merupakan Koperasi terbaik di Kalimantan Barat.

“buka hanya baik, tapi terbaik di Kalimantan Barat, bahkan mungkin  terbaik di Indonesia,” ujarnya.

Keling Kumang sudah menyiapakan SDM yang baik, memiliki program yang unggul untuk membangun dan meningkatkan  kesejahteraan anggota,  serta unit-unit usaha lain yang tergabung dalam Keling Kumang Group (KKG).

“menurut saya inilah yang terbaik, semua yang sudah dilakukan oleh  CU Keling Kumang sudah sangat bagus , saya dari sisi pembina akan katakan kepada orang-orang belajarlah kepada CU Keling Kumang cara berkoperasi ,” bebernya.  (KN)

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number