Sintang

Banner
Banner

Dukung Prudes, Sigi Terapkan Satu Produk Per Kecamatan

Komentar (1)

13 Februari 2017, 22:34:34 WIB oleh Admin | dilihat: 227 kali

Print
Dukung Prudes, Sigi Terapkan Satu Produk Per Kecamatan

JAKARTA, (Kalimantan-News) - Sebagai wilayah yang memiliki lahan perkebunan dan pertanian yang luas, Pemerintah Kabupaten Sigi berinisiatif untuk menjalankan program Prudes (Produk Unggulan Desa) lewat sektor pertanian. Tak hanya one village one product (satu desa satu produk), Kabupaten Sigi bahkan telah meningkatkannya yakni ‘satu produk unggulan per satu kecamatan’.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sigi, Mohamad Irwan, usai bertemu dengan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Eko Putro Sandjojo di Kantor Kalibata Jakarta, Jum’at (10/2). Menurutnya, program yang diselaraskan dengan program pemerintah pusat tersebut pun sesuai dengan visi misi pemerintah kabupaten Sigi yakni mewujudkan masyarakat Sigi yang maju mandiri berbasis ekonomi kerakyatan.

“Salah satu fokus kami yakni ekonomi kerakyatan pertanian. Kita ingin pembangunan pertanian ini terintegerasi dengan baik misalnya ada cabai dan jagung sesuai dengan program nasional. Kami yakin karena daerah kami memang daerah perkebunan dan pertanian yang begitu besar,” ujarnya.

Ia menjelaskan, desa-desa di Kabupaten Sigi yang berjumlah 176 desa, rata-rata memiliki produk pertanian yang sama dalam satu kawasan (kecamatan). Menurutnya, potensi tersebut justru akan lebih terintegrasi dengan baik, jika setiap kecamatan difokuskan pada satu produk unggulan saja.

“Misalnya (Kecamatan) Kulawi kita gabung satu khusus untuk durian dan manggis. Di tambah lagi (kecamatan lain) ada yang khusus cokelat dan kopi. Untuk kawasan bambu ada di Kecamatan Palolo. Yang pasti di sana (Kabupaten Sigi) tanaman kopi, durian, manggis, cokelat itu bagus, di samping tanaman holtikultura. Bawang di beberapa titik per satu hektar bisa panen 5 hektar sekali panen,” paparnya.

Meski demikian, terdapat kendala di beberapa daerah yang menghambat produktifitas pertanian di Kabupaten Sigi, yakni masih terdapatnya kawasan yang kekurangan air. Terkait hal tersebut, Mendes PDTT, Eko Putro Sandjojo menyarankan, agar sebagian dana desa yang digelontorkan digunakan untuk membangun embung.

“Kalau dana desa dan ADD (Alokasi Dana Desa) sudah lebih dari Rp1 Miliar, Rp500 Juta bisa dipakai untuk membuat embung. BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) juga dibuat. Nanti kita bantu bersama BUMN (Badan Usaha Milik Negara) untuk membuat mitra BUMDes. Nanti semua subsidi juga akan disalurkan lewat BUMDes,” ujarnya.(Rls)

Komentar (1)

Beri Komentar
  • Adeksaputra

    Adeksaputra:

    17 Februari 2017, 18:19:49 WIB

    ASSALAMUALAIKUM SALAM SAYA TKI DI MALAYSIA
    Maaf sebelumnya jika lewat Tempat ini saya menceritakan kisah hidup saya niat saya hanyalah semata ingin berbagi tapi semua tergantung Anda percaya atau tidak yg jelasnya inilah kenyataannya...
    Syukur alhamdulillah kini saya bisa menghirup udara segar di indonesia karnah sudah sekian lama saya ingin pulang ke kampung halaman namun tak bisa karna ada hutang yang harus saya bayar di majikan yaitu 370 juta untuk uang indo namun,saya tidak pusing lagi sebab kemaring saya di berikan Info oleh seseorang yang tidak saya kenal,katanya kalau mengalami kesulitan Ekonomi,Terlilit hutang silahkan minta bantuan sama MBAH DODI di Nomor Telpon (-0853-4261-0055-) di jamin bantuan beliau 100% …
    BANTUAN DARI MBAH
    1.PESUGIHAN
    2.TOGEL
    3. DANAH GHAIB
    4.PENGGANDAAN UANG
    5.UANG BALIK
    6.PEMIKAT
    7.PENGLARIS BISNIS (Jualan,Tokoh,warung)
    8.PERLANCAR DALAM BERBAGAI HAL
    Jadi saya beranikan diri menghubungi beliau dan menyampaikan semua masalah saya dan alhamdulillah saya bisa di bantu,kini semua hutang saya sama majikan di Saudi semua bisa terlunasi dan punya modal untuk pulang kampung,,,,
    Jadi buat yang pengen seperti saya silahkan Hubungi MBAH DODI (-0853-4261-0055-) Anda tidak usah ragu akan adanya penipuan atau hal semacamnya sebab saya dan yg lainnya sudah membuktikan keampuhan bantuan beliau kini giliran Anda trimahkasi…

Beri Komentar




Security Number