Sintang

Banner
Banner

Petani Nunukan Keluhkan Kelangkaan Pupuk

Komentar (0)

17 April 2013, 10:40:28 WIB oleh Admin | dilihat: 997 kali

Print

Kalimantan Timur-NUNUKAN, (kalimantan-news) - Sejumlah petani di Seimenggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur, akhir-akhir ini mengeluhkan kelangkaan pupuk untuk kebutuhan perkebunan kelapa sawit mereka.

Seorang petani kelapa sawit setempat, Irwan, di Nunukan, Rabu, mengatakan masyarakat yang memiliki lahan kelapa sawit kesulitan mendapatkan pupuk sejak sebulan terakhir akibat tidak diperjualbelikan.

Selain itu, pupuk yang digunakan masyarakat setempat selama ini merupakan subsidi Pemkab Nunukan. Akan tetapi, sejak beberapa bulan terakhir tidak ada lagi stok.

"Makanya petani kewalahan," kata dia.

Pupuk yang paling dibutuhkan petani Seimenggaris saat ini, kata dia, jenis Urea untuk menormalkan kondisi tanah guna perkembangan buah kelapa sawit.

Irwan yang mengaku memiliki lahan kelapa sawit hingga puluhan hektar itu, seringkali mendapatkan keluhan para petani di wilayahnya soal kelangkaan pupuk tersebut.

Akibat kelangkaan pupuk tersebut, katanya, masyarakat menjadi resah karena keadaan itu akan memengaruhi produktivitas kelapa sawit yang sedang tahap pematangan buah.

"Kalau tidak cepat dipupuk pasti memengaruhi kualitas buah dan tentunya mengurangi produksi," katanya saat di Nunukan untuk menghadiri acara keluarganya.

Ia berpendapat, di Kecamatan Seimenggaris sebaiknya ada agen pupuk yang menyediakan berbagai jenis untuk mempermudah petani kelapa sawit.

Selama ini, kata dia, setiap petani harus memesan pupuk terlebih dahulu ke Pulau Nunukan dan menunggu dalam jangka waktu cukup lama.

Hal yang sama diungkapkan petani setempat lainnya yang tinggal di Kilometer 6, poros jalan menuju Kecamatan Sebuku, Pudding.

Ia mengaku akhir-akhir ini kesulitan mendapatkan pupuk sehingga perkembangan kelapa sawit miliknya mengalami hambatan.

Ia berharap, ketersediaan pupuk di wilayahnya dapat menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Nunukan.

Kebutuhan pupuk di kecamatan yang terkenal dengan kawasan perkebunan kelapa sawit itu, katanya, relatif sangat tinggi.

Kecamatan Seimenggaris merupakan kawasan perkebunan kelapa sawit terbesar di Kabupaten Nunukan yang dikelola oleh perusahaan asing dan masyarakat transmigran. (phs/Ant)


 

Komentar (0)

Beri Komentar

Belum ada komentar, silahkan jadi yang pertama

Beri Komentar




Security Number