Sintang

Banner
Banner

Realisasi Kapuas Raya Sudah Mendesak

Komentar (18)

Tim Pemekaran diundang Komisi II

06 Februari 2013, 10:08:39 WIB oleh Tarmi | dilihat: 2349 kali

Print
Realisasi Kapuas Raya Sudah Mendesak

Sintang-KOTA, (kalimantan-news) - Realisasi pembentukan Provinsi Kapuas Raya dinilai sudah mendesak kalau melihat luas wilayah dan kepentingan pembangunan. Pemertaan pembangunan dinilai dapat terwujud jika provinsi baru ini terwujud.

“Pemekaran itu (Kapuas Raya) sebenarnya sudah realistis kalau melihat jumlah penduduk dan demografi. Kalau Kalimantan Timur lebih dulu memekarkan Kalimantan Utara, padahal demografi Kalbar tidak kalah hebat. Apalagi ada lima Kabupaten di Kalbar yang berbatasan langsung dengan Malaysia,” kata Anggota Komisi II DPR-RI Rahman Amin, belum lama ini di Sintang.

Menurut dia, jika Kaltim bisa memekaran provinsi baru, tentu hal serupa dapat terjadi di Kalbar. Menyikapi kondisi tersebut, lanjut Rahman, dia sudah mendatangi langsung Direktur Pemekaran Kementrian Dalam Negeri. Meski hasilnya belum mendapat jawaban memuaskan, karena pejabat yang ditemui beralasan baru menjabat.

Hanya saja, lanjut Rahman, Dirjen berjanji akan mempelajari. Dimana Kapuas Raya sendiri bukan persoalan yang baru mencuat. Dan Rahman selalu mendapat pertanyaan masyarakat di wilayah timur, seperti di Sekadau, Sintang serta Sanggau saat melakukan kunjungan kerja.

“Semua bertanya soal Kapuas Raya,” kata dia.

Dia menambahkan usulan  Kapuas Raya yang lama kini masih stagnan. Belum ada kembali pembahasan di Komisi II. Ada beberapa permasalahan krusial agar usulan itu dapat dibahas. Antara lain ada izin dari Gubernur, DPRD Provinsi.

“Kalau yang lainnya banyak, misal penentuan titik koordinat wilayah. Mana wilayah Kapuas Raya, mana Kalbar,” kata Rahman.

Secara terpisah, koordinator tim pembentukan Provinsi Kapuas Raya Milton Crosby mengatakan rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya masih terus di perjuangkan. Walaupun perjalananya lamban tetapi Milton yakin pembentukan Provinsi di wilayah timur Kalbar akan terwujud.

“Kalau dibilang jalan ditempat juga tidak. Karena sampai dengan hari ini kami atas nama Tim PKR masih melakukan lobi-lobi,” kata dia.

Sementara  soal rekomendasi yang  hingga kini belum mendapat persetujuan dari pemerintah Provinsi Milton belum berani berkata banyak. Pasalnya hingga kini dirinya selaku Koordinator PKR belum bertemu langsung dengan Gubernur Kalbar terpilih.

“Kedepan akan kami diskusikan kembali untuk melengkapi data-data yang masih kurang,” kata dia.  

Milton menambahkan, tim pembentukan Provinsi Kapuas Raya kembali diundang komisi II DPR-RI.  

“Kami  sudah diundang kembali  oleh Komisi II, hanya saja tinggal menunggu waktu yang tepat, undangan tersebut   sesuatu hal yang sangat baik. Pasalnya DPR-RI  sangat respon terhadap rencana pembentukan Provinsi Kapuas Raya,” ungkapnya. (phs)

Komentar (18)

Beri Komentar
  • likin

    likin:

    21 Juni 2013, 08:11:11 WIB

    PEMEKARAN KAPUAS RAYA HANYA LELUCON PARA CALON PEJABAT AJA, karena BERITA PEMEKARAN KAPUAS RAYA Beitu HANGAT di saat PEMILIHAN Cagub DAN Bupati Saja, Setelah TERPILIH, PEMEKARAN KAPUAS RAYA TINGGAL CERITA PENGANTAR TIDUR.....

  • stepanus

    stepanus:

    24 November 2013, 04:33:23 WIB

    Cepat laun provinsi kapuas raya bakal terbentuk,hal ini di dasari luas wilayah kalbar,sehingga percepatan pembangunan wilayah lamban.

  • Ason

    Ason:

    25 November 2013, 04:12:00 WIB

    Sarat kepentingan dan muatan politik yng begitu membingungkan bagi masyarakat, yang jelas kapanpun PKR terbentuk, mau bsok atau nanti2, SEKARANG masyarakat perlu implementasi dari Janji2 pemerintah yang sedang memimpkin saat ini, kalau kab sintang aja belum bisa dibangun dngan baek, apa lagi PROPINSI!

  • eric

    eric:

    01 Desember 2013, 15:30:46 WIB

    semoga dengan akan di bentuknya provinsi ini akan menjadi kota atau tempat- tempat yang di perhatikan menjadi maju dan berkembang ke arah yang lebh baik dari sekarang terutama sarana dan prasana .

  • Michell Eko Hardian, SH, MH

    Michell Eko Hardian, SH, MH:

    28 Desember 2013, 13:19:41 WIB

    Saya kira kita sudah banyak mendengar tentang perjuangan Kapuas Raya untuk menjadi Provinsi, dengan telah diajukannya Rancangan Undang-Undang 65 DOB oleh DPR-RI ke Pemerintah Pusat kita berharap tahun 2014 sudah dapat diputuskan dan ditunjuk Plt. Gubernur..agar tidak terus menerus disorot sebagai bagian dari propaganda politik...saya hanya melihat satu kata bahwa ini adalah "Kebutuhan", kita sudah capek dengan rentang kendali yang jauh dari pusat Provinsi, Kita juga capek melihat kerusakan fisik bangunan, jalan, jembatan yang dikerjakan asal-asalan karena alasan jauhnya jarak sehingga pengawasan tidak maksimasl, kita juga bosan mendengar dana pembangunan yang tidak cukup untuk membangun daerah kawasan Kal-Bar Timur, karena harus dibagi dengan 14 Kabupaten/Kota, yang memerlukan..Jelas akan mudah mengelola 5 Kabupaten dengan dana pembangunan yang terbatas, daripada Pemprov mengelola 14 kabupaten/Kota dengan dana yang terbatas. maka untuk sejahtera jawabbannya ada pada pemekaran : terbuka lapangan kerja baru : minimal kebutuhann PNS sekitar 5000 an orang untuk mengisi sebuah provinsi baru, masuknya investasi juga akan menyerap SDM Lokal, pertumbuhan ekonomi yang pasti meningkat karena kebutuhan akan, alat-alat kantor, barang dan jasa, proverti, peningkatan dan pembangunan sarana dan prasarana perKotaan yang memadai untuk kelayakan sebuah provinsi akan memberi efek domino yang bermanfaat untuk kemajuan suatu daerah...ayo kita minta para pemangku kepentingan untuk semakin mengawal dan mendorong segera diputuskan menjadi Provinsi baru......

  • Amos Avonsius M

    Amos Avonsius M:

    11 Januari 2014, 04:18:06 WIB

    pemekaran kapuas raya wewenang gubernur, selagi gubernur tidak memberikan rekomendasi, pemekaran hanya sebuah mimpi. mana janjimu kornelis. kalbar bagian timur sudah sengsara dengan keadaan jalan rusak dimana-mana. jangan dianaktirikan kami bagian timur kalbar.

  • doni ntt

    doni ntt:

    01 Februari 2014, 13:34:02 WIB

    Propinsi kapuas raya harus terbentuk 2014 ini.maret semoga sdh terbentuk PKR .klu belum terbentuk.boikot pemilu kita masyrakat ygterlibat di KPR boikot pemilu tahun ini .tdk ada yg memilah supaya org pusat tau kita emang sangat mengiginkan KPR terwuiud.

  • Rey xaveryo nugroho

    Rey xaveryo nugroho:

    09 Juli 2014, 16:16:28 WIB

    Ud la, jgan pusing, smw kn brjalan dengan sendiri nya, slow.

  • Prof.Ervanus Junior.SH.MH

    Prof.Ervanus Junior.SH.MH:

    19 Agustus 2014, 07:24:40 WIB

    Saya kira Provinsi Kapuas Raya memang harus ada , karena ini sudah keinginan rakyat , dan keinginan pemerintah Kalimantan Barat , terutama masyarakat Sintang.

  • MELAWI

    MELAWI:

    02 Oktober 2014, 14:52:17 WIB

    Saya sangat setuju dengan Program pemerintah dalam pembentukan kapuas Raya.namun yang masih diragukan adalah pihak Interen / pejabat yang ditunjukan sebagai koordinator pemekaran. bisa tidak mengatasi kecendrungan sosial masyarakat.

  • LOKA JAYA

    LOKA JAYA:

    02 Oktober 2014, 14:55:18 WIB

    Atur diak am menyadik ai...

  • Anto Kolarov

    Anto Kolarov:

    13 Oktober 2014, 08:13:29 WIB

    kapan sih terealisasi provinsi Kapuas Raya??

  • Nico sawe

    Nico sawe:

    28 Februari 2015, 05:51:25 WIB

    Mau cepat pemekaraannya..... ?Kapuas Hulu-Sintang-Melawi-Sekadau-Sanggau harus bersatu.
    Jangan kita hanya bisa menyalahkan keordinatornya saja, mereka juga manusia punya kelebihan & kekurangan juga.
    Yang menjadi kendala pemekaran Kapuas Raya itu adalah karena kurangnya keordinasi ke 5 kabupaten tersebut.
    Apa ndag ngoluuuu pala pak Milton Crosby mikirkan naseb Kapuas Raya ne.
    Jika perlu kayak seperti d\'Langkat... Rakyat turun tangan langsung mengadap para pejabatnya..

  • jony

    jony:

    08 Maret 2015, 06:43:38 WIB

    Pemekaran kapuas raya tdk akan bs terjadi krn kepentingan pemerintah prov byk, rugilah klu mekar jatah dan kesempatan sy akan hilang, begitu ceritanya, alasan ini dan itu hanya kamuplase pemerintah prov kal-bar

  • uun

    uun:

    13 Maret 2015, 07:26:05 WIB

    dari tahun" kmaren cuma ada nya brita, jadi kapan pemekaran itu akan di lakukan,?

  • tomat

    tomat:

    29 November 2015, 17:18:58 WIB

    Kalau melihat dari pemaparan permaslahan2 yg ada mengenai tidak sinkronnya antara pihak kabupaten dan provinsi serta adanya tumpang tindih dalan penunjukan koordinator PKR jelas dsini ada nya tarik ulur kepentingan politik tentang siapa yg bakal memimpin ketika KPR terbentuk...maslahnya akibat dari kepentingan politik segelintir kelompok yang merasakan imbasnya adalah seluruh masyarakat bagian timur kalbar saat ini...yang seharusnya denagan trbentuknya provinsi baru mobilitas pembangunan bisa merata...jadinya terhambat karena pertentangan kepentinan tersebut..himbauan saya mari kita sama2 bergerak untuk menuju KPR demi seluruh masyarakat diwilayah tersebut..bukan karena kepentingan pribadi,kelompok atau golongan..

  • tomat

    tomat:

    29 November 2015, 17:19:01 WIB

    Kalau melihat dari pemaparan permaslahan2 yg ada mengenai tidak sinkronnya antara pihak kabupaten dan provinsi serta adanya tumpang tindih dalan penunjukan koordinator PKR jelas dsini ada nya tarik ulur kepentingan politik tentang siapa yg bakal memimpin ketika KPR terbentuk...maslahnya akibat dari kepentingan politik segelintir kelompok yang merasakan imbasnya adalah seluruh masyarakat bagian timur kalbar saat ini...yang seharusnya denagan trbentuknya provinsi baru mobilitas pembangunan bisa merata...jadinya terhambat karena pertentangan kepentinan tersebut..himbauan saya mari kita sama2 bergerak untuk menuju KPR demi seluruh masyarakat diwilayah tersebut..bukan karena kepentingan pribadi,kelompok atau golongan..

  • Albar,S,Sos

    Albar,S,Sos:

    26 Januari 2017, 22:21:41 WIB

    Urusan pemekaran tidak mudah,,banyak aspek yang harus dilihat.saya yakin PKR pasti terbentuk.Untuk Tim Pembentukan PKR teruslah berjuang,satukan semua elemen yang ada, untuk rakyat timur yang maju,aman dan sejahtera.

Beri Komentar




Security Number